Senin , Januari 22 2018
Home / DAERAH / Warga Depok Sekarang Mengurus Akta Kelahiran Bisa di Kelurahan
pelayanan-akta-kelahiran

Warga Depok Sekarang Mengurus Akta Kelahiran Bisa di Kelurahan

Suara Rakyat Indonesia. Depok mempermudah kepengurusan akta kelahiran. Terhitung sejak 1 Februari bagi anak berusia 0-60 hari, bisa langsung diproses di kelurahan tempat orang tua tinggal.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Misbahul Munir mengatakan, masyarakat saat ini tidak perlu lagi mengurus adminsitrasi akta kelahiran ke kantor Disdukcapil Kota Depok.

Hal itu dikarenakan, pembuatan akta kelahiran dapat dilaksanakan di 63 kelurahan Kota Depok.

Munir menjelaskan, pembuatan akta kelahiran di kelurahan hanya dapat melayani anak berusia 0 hingga 60 hari.

Apabila melewati batas usia yang telah ditentukan, petugas Disdukcapil di kelurahan tidak dapat melayani pembuatan akta kelahiran, dan harus mengurus di kantor Disdukcapil Kota Depok.

Masyarakat yang ingin membuat akta kelahiran, sambung Munir harus melengkapi persyaratan yang telah ditentukan.

Nantinya, setelah data persyaratan dinyatakan lengkap, petugas Disdukcapil akan mengimput data guna di daftarkan ke Disdukcapil.

Apabila akta kelahiran telah tercetak, masyarakat dapat mengambil di kelurahan tanpa dipungut biaya.

“Pembuatan akta kelahiran di kelurahan semuanya gratis, dan petugas tidak boleh memungut biaya,” terang Munir.

Kasi Kemasyarakat Kelurahan Serua, Retno Juliastuti menuturkan, pelayanan pembuatan akta kelahiran sudah bergulir di Kelurahan Serua.

Tercatat, sudah ada enam berkas yang di layani Kelurahan Serua. Masyarakat menyambut baik program yang digulirkan Disdukcapil Kota Depok.

Ada beberapa persyaratan yang harus dilingkapi masyarakat dalam mengajukan pembuatan akta kelahiran.

Diantaranya, melampirkan surat kelahiran dari dokter, bidan, atau penolong kelahiran, fotocopy KTP elektronik saksi penolong kelahiran, kartu keluarga asli orangtua, fotocopy KTP elektronik orang tua, kutipan akta nikah atau akta perkawinan orangtua.

“Program pembuatan akta kelahiran di kelurahan akan terus disosialisasikan disetiap pertemuan dengan masyarakat maupun melalui pengurus lingkungan,” ucap Retno.

sumber:radar depok

 

Check Also

Alejandro antar anak dengan kursi roda.definitely/istimewa/net

Antar Anak Sekolah Tiap Hari dengan Kursi Roda

SUARARAKYATINDONESIA-Sayang anak dan patut dicontoh kegigihannya demi sang anak. Tatay Alejandro, pria asal Filipina ini ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>