Minggu , Mei 28 2017
Home / NASIONAL / Kemenhub Siapkan Rp90 Miliar Untuk Mudik Gratis Saat Lebaran

Kemenhub Siapkan Rp90 Miliar Untuk Mudik Gratis Saat Lebaran

SUARA RAKYAT INDONESIA – Kementerian Perhubungan menyiapkan total anggaran Rp90 miliar untuk menyelenggarakan mudik gratis lebaran pada tahun 2017. Kemenhub menargetkan para pemudik gratis pada tahun ini meningkat sampai 50 persen dibanding tahun lalu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan dari anggaran Rp90 miliar tersebut, alokasi terbesar diberikan kepada transportasi angkutan laut. Jumlahnya lebih besar jika dibandingkan dengan transportasi darat, dan kereta api.

“Total Rp90 miliar (mudik gratis). Anggaran kami naik, karena tahun ini kami tingkatkan kapasitas yang signifikan. Kami juga tambah angkutan mudik gratis melalui laut, kami coba maksimalkan di situ,” kata Budi Karya Sumadi di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, nomor 8, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017).

Secara rinci, total dana penyelenggaraan mudik gratis 2017 untuk transportasi laut menelan anggaran sebesar Rp32 miliar. Sedangkan untuk angkutan darat sebesar Rp30 miliar. Ditambah untuk angkutan kereta api sebesar Rp28 miliar.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, J.A. Barata mengatakan bahwa pemerintah mempunya lasan memberikan alokasi anggaran terbesar dari angkutan mudik gratis 2017 kepada transportasi laut. Pemerintah menargetkan jumlah peserta mudik gratis melalui transportasi laut bisa mencapai 32 ribu penumpang,  paling banyak dibanding transportasi lain.

“Untuk transportasi laut kan penumpang jumlahnya lebih besar. Kan, penumpang juga mendapatkan makanan. Itu kan ditanggung semua oleh kapal,” kata Barata.

Seperti diketahui untuk mudik gratis lebaran 2017, Kementerian Perhubungan menyediakan sarana transportasi untuk 208.435‎ penumpang. 208, 435 penumpang, akan diangkut gratis dengan transportasi seperti bus, kereta api dan kapal laut.

[msn]

Check Also

BBBxOoO

Ribuan Kodok Peliharaan Jokowi Mati Dimakan Biawak

SUARA RAKYAT INDONESIA – Ketika masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, Presiden Joko Widodo gemar memelihara kodok. ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>