Rabu , Oktober 18 2017
Home / DAERAH / Jika Anda Membuang Sampah Sembarangan Di Bandung, Anda Bisa Terkenal Loh?

Jika Anda Membuang Sampah Sembarangan Di Bandung, Anda Bisa Terkenal Loh?

Suara Rakyat Indonesia. Membuang sampah sembarangan adalah kebiasaan buruk yang harus kita hindari, disamping berdampak buruk bagi lingkungan membuang sampah sembarangan juga bisa berdampak buruk bagi kepribadiaqn masing-masing, di karenakan orang yang buang sampah sembarangan tidak memiliki rasa tanggung jawab.

Hal ini tentunya menjadi masalah bersama, banyak daerah yang memberlakukan peraturan agara dapat mencegah kebiasaan buruk tersebut, di antaranya denda maksimal hingga kurungan dan lainnya, namun berbeda dengan kota bandung, jika anda buang sampah sembarang bisa terkenal loh, kok bisa?

Seperti di kutip dari halam kompas.com, banyak Warga Kelurahan Kopo, Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung, punya cara unik untuk membuat jera warga yang membuang sampah ke sungai, Warga peduli lingkungan yang biasa disebut tim “Grebek Sampah” akan selalu mengawasi wilayahnya agar bebas dari sampah.
Jika ada warga yang kedapatan membuang sampah, tim Grebek Sampah bakal memotret pelaku. Foto orang itu kemudian akan dicetak dan dipajang di beberapa tempat publik untuk menimbulkan efek jera.
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terkesan dengan inovasi yang dilakukan warga ini. Menurut dia, sanksi sosial lebih efektif membuat jera para pelanggar daripada hukuman denda.
“Ada program inovatif dari Bojongloa Kaler, namanya Grebek Sampah, yaitu piket linmas pada malam hari di sepanjang sungai saat banyak orang buang sampah,” katanya.
Hal itu diungkapkan Emil, sapaan akrabnya, kala blusukan di Kecamatan Bojongloa Kaler, Jumat (18/12/2015).
bagaimana ya jika di daerah lain juga membuat ide kreatif seperti warga kopo agar setiap orang yang buang sampah sembarangan bisa jera. (fwz)

Check Also

Tren selfie ala Jepang.Ilustrasi/bbs/istimewa/net

Unik, Hanya Ada di Jepang

SUARARAKYATINDONESIA-Teknologi yang modern dan canggih membuat Jepang menjadi trendsetter di bidang industri teknologi. Tak hanya ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>