Senin , September 25 2017
Home / EKONOMI / Jamaah Jangan Sampai dirugikan Jika Dana Haji digunakan Untuk Keperluan Infrastruktur
jamaah-berdoa-di-depan-pintu-ka-bah-di-masjidil-haram-_160814021902-326

Jamaah Jangan Sampai dirugikan Jika Dana Haji digunakan Untuk Keperluan Infrastruktur

Suara Rakyat Indonesia-Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) meminta pemerintah berhati-hati dalam menggunakan dana haji, termasuk apabila hendak digunakan untuk membiayai keperluan infrastruktur. Pasalnya, jika tidak digunakan hati-hati, maka akan merugikan calon jamaah haji (calhaj) yang masih berada dalam antrean daftar tunggu.

Menurut dia, pengunaan dana haji untuk keperluan investasi infrastruktur belum bisa dilakukan sekarang. Pasalnya dalam aturan yang ada saat ini, penempatan dana haji oleh Kementerian Agama hanya terbatas pada instrumen keuangan, yakni surat berharga syariah negara (SBSN), surat utang negara (SUN), dan deposito bank syariah.

Syamsul menyebut penggunaan investasi infrastruktur baru dapat digunakan apabila Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sudah dibentuk. “Investasi infrastruktur baru memungkinkan dilakukan ketika dana haji dikelola BPKH karena nanti mereka diberi kewenangan untuk melakukannya,” kata dia.

Syamsul meyakini, mereka yang terpilih menjadi badan pelaksana dan dewan pengawas BPKH adalah orang-orang yang ahli di bidangnya. Sehingga, mereka akan menggunakan dana haji di investasi sektor riil yang kemungkinan kerugiannya sangat kecil.

Dia berharap, BPKH mampu mengelola dana haji secara baik dan transparan. “Memiliki manajemen keuangan yang tertata, rapi, jelas, terbuka, serta pengelolaannya lebih baik,” kata Syamsul.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menilai, dana haji bisa saja digunakan untuk membiayai pembangunan proyek infrastruktur di Tanah Air. Total setoran dana haji di Kementerian Agama yang saat ini diperkirakan mencapai lebih dari Rp 70 triliun dapat digunakan untuk proyek infrastruktur, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Bambang menilai investasi dana haji untuk proyek infrastruktur akan mendapatkan imbas hasil bagus. Meski begitu, proyek-proyek infrastruktur yang akan dibiayai harus benar-benar dipilih dengan cermat.

 

Check Also

CV Mehta yang unik dan menarik.(mirror.co.uk/istimewa/net)

Diterima Bekerja Tanpa Interview

SUARARAKYATINDONESIA-Tidak semua orang dapat melakukan hal seperti ini, mengekspresikan diri dan menggambarkan pribadi anda secara ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>