Senin , September 25 2017
Home / ALKISAH / Islam Sangat Berkembang Pesat di Suriname
suriname suriname ptong

Islam Sangat Berkembang Pesat di Suriname

Suara Rakyat Indonesia. Dengan keragaman seperti itu, tak salah jika Suriname dikenal sebagai salah satu negara multietnis terbesar di Amerika Selatan. Namun, kondisi itu tidak menciptakan perpecahan.

Bayangkan, di sana terdapat banyak kelompok etnis ataupun agama, seperti Hindu, Kristen, Islam, Afrika, Arab, Cina, India, Pakistan, Indonesia, Yahudi, Indian, dan Belanda. Di tengah pluralisme itu, hubungan yang terjalin berlangsung cukup baik dan akrab.

Bentuk toleransi yang lain dapat dilihat di pusat Kota Paramaribo. Masjid Anjumann Ishaat Islam berdiri berdampingan dengan sebuah sinagog Yahudi dan selama ini tidak pernah ada pertikaian di antara kedua penganut agama.

Seiring dengan itu, agama Islam berkembang pesat. Seperti dikemukakan Dr Isaac Jamaluddin, ketua Majelis Muslimin Suriname, salah satu organisasi Islam terbesar di Suriname, warga Muslim tidak kendur, bahkan semakin antusias mempelajari ajaran agama.

Meski begitu, mereka masih menemui kendala. Pengajaran agama Islam terbentur oleh keterbatasan tenaga pengajar serta material yang diperlukan, seperti buku-buku agama.

Kedua problem ini belum sepenuhnya teratasi, mengingat dana yang juga terbatas. Tidak seperti umat lain, mayoritas umat Islam berasal dari kelas menengah bawah.

Oleh karena itu, dia mengharapkan bantuan dari lembaga serta negara Islam di dunia, terutama dalam penyediaan tenaga guru agama dan material pengajaran tadi.

Tentunya masalah ini harus menjadi perhatian bersama. Terlebih, mengingat, selama ini umat agama lain, yakni Kristen dan Hindu, banyak mendapat dukungan dari Belanda, Amerika, serta India.

 

Check Also

CV Mehta yang unik dan menarik.(mirror.co.uk/istimewa/net)

Diterima Bekerja Tanpa Interview

SUARARAKYATINDONESIA-Tidak semua orang dapat melakukan hal seperti ini, mengekspresikan diri dan menggambarkan pribadi anda secara ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>